Saturday, May 9, 2009

Penerapan Digital Nervous Systems (DNS): Sebuah Usaha untuk Meningkatkan Bisnis di Era Ekonomi Digital

Abstrak

Dalam era ekonomi digital, organisasi bisnis harus menciptakan sebuah sistem informasi berbasis komputer yang efektif, yang bukan hanya menghasilkan informasi dengan cepat, relevan, dan reliable, tetapi juga dapat membuat informasi mengalir dengan cepat dan lancar, sehingga dapat bereaksi lebih cepat atas masalah dan peluang yang ada. Oleh karena itu, organisasi bisnis harus menerapkan artificial intelligence, seperti Digital Nervous Systems (DNS) sebagai sebuah kebutuhan strategisnya. DNS adalah visi ideal aliran informasi yang menghubungkan semua bagian organisasi sehingga memungkinkan organisasi bertindak, memberi reaksi dan beradaptasi lebih cepat dan lebih baik.

Untuk merealisasikan visi DNS, setiap organisasi bisnis harus menerapkan konsep The Business Internets yang mencakup empat bidang yang saling berhubungan dan membangun lima komponen teknologi sebagai prasyarat yang harus dipenuhi. Selain itu, ada tiga tahap yang harus dilalui untuk membangun sebuah DNS. Dalam penerapannya, DNS membawa banyak manfaat bagi organisasi bisnis untuk meningkatkan bisnisnya. Namun perlu disadari juga bahwa masih ada beberapa hambatan yang dihadapi untuk dapat menerapkannya.

Kata kunci: ekonomi digital, internet, informasi, Digital Nervous Systems (DNS), The Business Internets.

Seiring dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi menjadikan banyak organisasi bisnis menerapkan teknologi informasi dalam aktivitas bisnisnya agar organisasi bisnisnya tetap survive dan memiliki competitive advantages. Penerapan teknologi informasi yang paling banyak digunakan adalah komputer. Organisasi bisnis berbasis komputer inipun berkembang sangat cepat. Pada tahap awal, organisasi bisnis melengkapi model bisnisnya dengan kapabilitas transaksi melalui internet. Selanjutnya hal ini disebut dengan e-commerce. Dengan menerapkan e-commerce, pembeli tidak perlu bertemu dengan penjual untuk melakukan sebuah transaksi. Tempat, jarak dan waktu tidak lagi menjadi penghambat dalam bertransaksi.

Sekarang organisasi bisnis telah melangkah lebih jauh lagi. Bukan hanya sekedar melakukan transaksi melalui internet, tetapi mulai memfokuskan usaha pada dekonstruksi dan konstruksi model bisnisnya atau value proposition-nya, yang kita kenal dengan istilah e-business. Dekonstruksi dan konstruksi model bisnis menjadi tidak terhindarkan karena e-business sedang dan akan dengan cepat menciptakan sebuah kondisi kompetisi baru. E-business menawarkan peluang besar untuk menciptakan laba dan memperkuat posisi pasar. E-business juga memungkinkan penurunan biaya dengan migrasi transaksi penjualan dan pelayanan pelanggan lewat saluran yang lebih murah (e-commerce), menjangkau pelanggan baru dengan biaya yang sangat murah, memperkaya penawaran dengan berbagai inovasi bundling atau customization, dan memungkinkan aliansi lintas value chain. Konstruksi berbagai pendorong kinerja ini ke model bisnis baru akan dapat meningkatkan daya saing perusahaan.

Perkembangan teknologi informasi bukan hanya merubah proses bisnis organisasi, tetapi juga merubah gaya hidup masyarakat. Dengan internet, mereka dapat tetap berkomunikasi dengan rekannya dimana saja kapan saja dengan biaya yang relatif murah dan cepat. Mereka juga dapat bertransaksi, mencari hiburan, memperoleh informasi yang mereka inginkan melalui internet.

Bursa kerja juga ikut mengalami perubahan seiring dengan perkembangan teknologi informasi. Saat ini knowledge workers menjadi sangat dibutuhkan dan sangat berharga bagi sebuah organisasi bisnis. Mereka adalah pekerja seperti teknisi, ilmuwan atau perancang yang mendisain barang atau jasa, atau menciptakan knowledge dan informasi bagi organisasi (Laudon 2000). Dalam melakukan pekerjaannya, mereka menggunakan pengalamanan, ketrampilan dan pengetahuan mereka untuk melakukan analisa bisnis dengan kemampuan berpikir yang lebih berdayaguna, kreatif dan inovatif.

Selengkapnya download artikel jurnal bisnis via ziddu


No comments:

Post a Comment